Jadi Khatib Idul Fitri, Achmad Bahas Kepemimpinan dalam Islam

Diterbitkan pada Jun 25 2017 - 10:13:12 oleh Masri Putra
Achmad saat menjadi khatib Salat Ied di Lapangan Samping Masjid Islamic Centre Nurul Jannah Jalan Cipta Karya Pekanbaru.

Achmad saat menjadi khatib Salat Ied di Lapangan Samping Masjid Islamic Centre Nurul Jannah Jalan Cipta Karya Pekanbaru.

PEKANBARU-Menjadi khatib salat Idul Fitri di Lapangan Samping Masjid Islamic Centre Nurul Jannah Jalan Cipta Karya Pekanbaru, Bupati Rokan Hulu dua periode (2006-2016) Drs H Achmad Msi menekankan pentingnya kepemimpinan dalam Islam, Ahad (25/6/2017).

Di depan ribuan jamaah yang memadati lapangan, Achmad menyebutkan bahwa dalam Islam, seorang pemimpin bukan saja memimpin pemerintahan, tetapi menjadi imam bagi rakyat yang dipimpinnya.

Sebagai contoh, seorang pemimpin tidak cukup dengan hanya salat berjamaah ke masjid, namun juga harus membuat kebijakan-kebijakan yang berbasis di masjid. Berbagai kebijakannya harus mendorong umat untuk senantiasa merindukan masjid.

“Selama ini, justru masjid yang merindukan jamaah. Harusnya dibalik, jamaah yang merindukan masjid. Ini harus dicarikan solusinya, harus dibuatkan kebijakannya. Itu hanya bisa dilakukan seorang pemimpin yang mengerti dan peduli dengan masjid,” ungkap Achmad.

Achmad mencontohkan, bagaimana di zaman Rasulullah dan para sahabat, berbagai aktivitas berbasis di masjid. Masjid tidak sekadar tempat shalat dan berzikir, namun juga menjadi sumber kekuatan umat dan sumber kekuatan ekonomi.

“Nah, itu hanya akan bisa dilakukan oleh seorang pemimpin yang mengerti dan terpaut hatinya ke masjid. Sehingga umat Islam diingatkan untuk hati-hati dalam memilih pemimpin,” katanya.

Achmad melayani wawancara awak media usai menjadi khatib Idul Fitri di Lapangan Samping Masjid Islamic Centre Nurul Jannah.

Achmad melayani wawancara awak media usai menjadi khatib Idul Fitri di Lapangan Samping Masjid Islamic Centre Nurul Jannah.

Sementara itu, Ketua Umun Pengurus Masjid Islamic Centre Nurul Jannah DR H Suarman MPd didampingi Sekretaris Umum Syamsul Bahri Samin dan Bendahara Umum H Herry Nurman mengatakan, apa yang disampaikan Achmad dalam khutbahnya merupakan persoalan terkini dan krusial yang saat ini dihadapi umat Islam.

Suarman juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan atas kesediaan Drs H Achmad MSi menjadi khatib Shalat Idul Fitri di Lapangan Samping Masjid Nurul Jannah. Ucapan yang sama juga disampaikan kepada Qori Internasional asal Riau DR H Maghfirah MA yang sudah bersedia menjadi imam shalat,

Keinginan agar Achmad menjadi khatib shalat ‘id ini sudah lama direncanakan, yakni sejak Achmad menjadi Bupati Rokan Hulu dengan karya monumentalnya Masjid Agung Nasional Madani Islamic Centre Pasirpengaraian yang menjadi masjid terbaik nasional sekaligus masjid percontohan di Indonesia. “Alhamdulillah, sekarang beliau bisa memenuhi harapan kita itu,” jelas Suarman.

Comments

comments

Tinggalkan Respon